Jumat, 17 September 2010

Candi Sawentar (Candi Cungkup)




Bila anda kebetulan mengunjungi saudara atau sekedar buat refresh saat liburan, nggak ada salahnya bila mampir ke sebuah Candi. Candi ini Terletak di Desa Sawentar tepatnya di Dukuh Centong, Kecamatan Kanigoro, dan sebelah timur kota Blitar. Candi Sawentar (disebut orang setempat Candi Cungkup) dan dibuat pada abad ke-13. Situs peninggalan bersejarah ini dikelilingi rumah warga, pepohonan dan halaman yang terawat. Candi ini dikelilingi parit dan terletak beberapa meter bi bawah tanah, disebabkan oleh karena lokasi ini saat ditemukan terpendam beberapa material akibat lahar dari ledakan Gunung Kelud.


Candi tersebut dijaga oleh seorang juru kunci Bp Mukeno (70 th) beliau akan menyapa dan menerima anda, akan lebih senang sekali jika anda membicarakan atau tanya jawab mengenai sejarah candi ini adapun rumah Pak Mukeno ada di sebelah barat Candi Sawentar. Situs bersejarah Candi Sawentar sering dikunjungi oleh umat agama Hindu atau ramai disaat bulan Suro tiba, juga beberapa pengunjung dari berbagai kota di hari-hari biasa.

Kalau umat Hindu biasanya mereka datang dalam beberapa rombongan dan tinggal beberapa saat untuk mengadakan upacara. Selain upacara keagamaan adapula beberapa tradisi budaya yang diadakan pada bulan-bulan tertentu di penanggalan jawa.
Di depan gerbang pintu masuk juga terpasang papan peringatan dimana para pengunjung diharapkan menjaga akan kelestarian dari peninggalan bersejarah ini. Menurut sang Juru kunci beberapa tahun yang lalu ada bagian dari situs bersejarah ini hilang, namun selang 1 minggu kemudian berhasil ditemukan.
Ternyata masih banyak pula orang-orang kita yang dengan sengaja ingin merusak bahkan bisa juga menghilangkan bukti sejarah yang merupakan kekayaan budaya bangsa.

Beberapa lagu bisa anda download disini:

03. Irwansyah - Tentang Perasaanku.mp3
01.Alyssa Soebandono Cerita cinta kita.mp3
http://www.ziddu.com/download/11442234/TitiDjFeatDianaNasution-JanganBiarkanFSmusik.Net.mp3.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar